Latest News

Memutar File Mp3 dengan Rhythmbox Pada Fedora 17


Posting kali ini masih seputar Linux, tentu nya linux fedora 17.
Mungkin postingan ini tidak memiliki bobot di mata master-master linux, tapi saya sendiri bingung ketika baru install fedora 17, kenapa dari Rhythmbox (mp3 Player bawaan fedora) gak bisa muter file *.mp3 *.mkv bahkan *.3gp.

setelah akhirnya muter-muter di om Google akhirnya nemu cara nya di forum Fedora Indonesia setelah saya baca saya sedikit bingung juga nih, maklum baru kenalan sama linux, nah di posting ini saya menggunakan bahasa saya sendiri yang menurut saya gampang di mengerti untuk pemula dalam dunia Linux seperti saya :)

berikut cara nya :

1. Anda haru masuk sebagai root dulu yah,
ketikkan di terminal :

[heri@localhost heri]# su

 2.Aktifkan repository rpmfusion dengan cara copy-paste perintah di bawah ini ke terminal.

[root@localhost heri]# yum localinstall --nogpgcheck http://download1.rpmfusion.org/free/fedora/rpmfusion-free-release-stable.noarch.rpm http://download1.rpmfusion.org/nonfree/fedora/rpmfusion-nonfree-release-stable.noarch.rpm
 3. Setelah aktif, kita install paket sebagai berikut :
  1. gstreamer-ffmpeg
  2. gstreamer-plugins-bad
  3. gstreamer-plugins-bad-free
  4. gstreamer-plugins-bad-nonfree
  5. gstreamer-plugins-good
  6. gstreamer-plugins-ugly
Untuk installasinya, kita ketikan perintah di bawah ini ke terminal :

[root@localhost heri]# yum install gstreamer-{ffmpeg,plugins-{good,ugly,bad{,-free,-nonfree}}}

4. Selesai :)



Setelah plugin terinstall, kita bisa memutar Mp3 melalui Rhythmbox atau player yang lain yang di bawakan secara default dalam paket instalasi fedora. Selain bisa memutar *.Mp3, kita juga bisa memutar file video melalui Movie player. Saya menemukan hambatan ketika memutar file Mp4. Tapi file *.3gp bisa diputar dengan baik. File video seperti *.mkv juga bisa diputar.

Semoga tutorial kali ini bisa membantu yang kebingungan cara mutar mp3 dengan Rhythmbox pada fedora.

No comments:

Post a Comment

TKJ Cyber Community Designed by Templateism.com Copyright © 2014

Theme images by Bim. Powered by Blogger.