Latest News

Palung Terdalam di Dunia | Mariana Trench

Pernahkah anda mengetahui letak palung terdalam di bumi ini ?
Sebelumnya anda pasti sudah pernah melihat film robot "Transformers", dalam film tersebut akhirnya Megatron (Robot jahat) berhasil dikalahkan oleh Optimus Prime, dan rekan-rekan nya Autobot. setelah dikalahkan Jasad Megatron di buang oleh pasukan Tentara Amerika di sebuah tempat di dasar laut Samudera Pasifik yang bernama Mariana Trench (Palung Mariana), merupakan Palung Terdalam di bumi.
Terus dimana letak nya ? simak Article berikut yang dihimpun TKJCyber dari berbagai sumber.
 













Palung ini adalah palung yang paling dalam didunia yang lokasi terdalamnya berada di kerak bumi. dasar dari palung ini di bawah permukaan laut, lebih jauh dari ketinggian gunung everest di atas permukaan laut. Kedalaman palung ini mencapai 11,035 meter (36,201 kaki) di bawah permukaan laut dengan panjang palung mencapai 2550 Km (1580 mil).

Lihat palung terdalam di dunia DISINI via GoogleMaps

Sebagai gambaran dengan kedalaman seperti itu, jika gunung Everest dengan ketinggian 8.848 meter berada di dasar palung tersebut, maka puncak Everest masih berada 2.076 meter di bawah permukaan laut. Atau jika kita terjun bebas kedalamnya, kita membutuhkan waktu 5 jam untuk mencapai dasarnya.




Letak dari palung ini tidak terlalu jauh dari Indonesia, tepatnya berada di sebelah timur kepulauan Mariana di 11° 21′ Utara latitude dan 142° 12′ Timur longitude, dekat dengan Filipina dan Jepang.





Tekanan air didalam palung Mariana 1000 kali lipat dibanding dengan tekanan udara di mana tempat kita hidup sekarang ini. Namun hal itu bukan berarti di dalam palung Mariana ga ada kehidupan, di dalamnya juga ditemukan beberapa jenis ikan dengan bentuk gepeng dan beberapa udang kecil.

Penelitian
Pertama kali diteliti pada 1951 oleh kapal Angkatan Laut Britania, Challenger II, yang memberikan nama titik terdalam dari palung tersebut Challenger Deep. Challenger Deep mendapat namanya dari survei Inggris dengan kapal Challenger II, yang meneliti titik kedalaman laut dari Kepulauan Mariana pada tahun 1951.

Kemudian pada tahun 1960, Angkatan Laut Amerika Serikat mengirim Trieste (sebuah kapal selam mini yang dirancang untuk penyelaman laut dalam) turun ke ke dalam palung Mariana untuk melihat seberapa jauh mereka dapat turun. Mereka turun 35.838 kaki/10, 923m.

Pada tahun 1957, kapal Soviet Vityaz melaporkan kedalaman 11.034 meter (36.200 kaki), yang dijuluki Mariana Hollow. (Meskipun klaim ini dibuat oleh Soviet pada tahun 1957, penemuan belum diulangi oleh ekspedisi pemetaan berikutnya menggunakan lebih akurat dan peralatan modern. Pada tahun 1962, kapal MV permukaan Spencer F. Baird mencatat kedalaman maksimum 10.915 meter (35.840 kaki), dengan menggunakan alat pengukur kedalaman presisi.

Pada tahun 1984, Jepang mengirim Takuyō, kapal survei yang sangat khusus, ke Palung Mariana dan mengumpulkan data menggunakan multi-beam echo sounder, mereka melaporkan kedalaman maksimum 10.924 meter, juga dilaporkan mecapai 10.920 meter ± 10 meter.

Pada tahun 2009, peneliti dari 'Woods Hole Oceanographic Institution' menyelesaikan penyelaman dengan mengirim robot selam tanpa awak di titik 'Challenger Deep'. Robot  ini mampu mencapai kedalaman 10.902 meter.

Pengukuran yang paling akurat dalam catatan ini diambil oleh probe Jepang, Kaikō yang turun tanpa awak ke dasar parit pada 24 Maret 1995 dan mencatat kedalaman 10.911 meter (35.798 kaki.

No comments:

Post a Comment

TKJ Cyber Community Designed by Templateism.com Copyright © 2014

Theme images by Bim. Powered by Blogger.