Latest News

Cara Membersihkan RAM | Agar Komputer Tidak Lemot


Yuup.. RAM (Random Access Memory), merupakan salah satu bagian terpenting dalam sebuah perangkat komputer.
Fungsi RAM itu sendiri adalah sebagai tempat penyimpanan data atau informasi sementara selama komputer dalam keadaan ON/hidup, namun data hanya bisa tersimpan bila ada sumber daya listrik dan biasanya inilah yang disebut dengan istilah volatile memory.
Nah bisa kita bayangkan jika perangkat keras ini (RAM) mengalami kerusakan, tentu komputer kita akan mengalami masalah seperti, CPU hidup tapi tidak ada tampilan sama sekali di layar monitor alias "Blank Screen". Sebelum hal itu terjadi ada baiknya kita merawat dengan cara membersihkan RAM itu sendiri.
Selain tujuan membersihkan nya untuk merawat RAM, dengan membersihkan RAM komputer kita juga terhindar dari sifat galau dalam dunia komputer "LEMOT".

Ok, berikut ini ada 2 cara dalam membersihkan RAM, dengan membersihkan nya secara fisik dan system.

1. Mebersihkan RAM (Fisik) :

Cara pertama yang bisa dilakukan adalah dengan membersihkan RAM secara fisik (pembersihan dari luar). Cara ini berguna untuk menghilangkan listrik statis yang timbul akibat gesekan sehingga RAM mengandung muatan listrik.  Anda bisa membersihkannya dengan memanfaatkan alat sederhana yang anda miliki di rumah, yaitu  menggunakan  penghapus karet. Jadi,  anda bisa menyeka permukaan RAM dengan penghapus secara perlahan. Lakukan secara hati-hati karena di dekat pin-pin berwarna keemasan tersebut , terdapat beberapa komponen yang sangat kecil dan riskan terhadap gesekan. Kemudian bersihkan ampas penghapus dengan cara meniupnya, atau anda bisa menggunakan blower kecil.

2. Mebersihkan RAM (System) :



Cara kedua yaitu membersihkan RAM secara sistem. Anda tidak perlu menginstal aplikasi yang sulit dan memakan waktu lho. Anda bisa menggunakan aplikasi sederhana yang terdapat dalam komputer anda, yaitu dengan aplikasi Notepad. Trik ini dapat anda lakukan untuk membersihkan semua data yang tidak aktif yang mungkin masih tersimpan di dalam RAM. Berikut adalah langkah-langkahnya:


  • Tutup semua aplikasi yang sedang anda gunakan (termasuk browser internet)

  • Buka aplikasi Notepad, lalu ketikkan FreeMem=Space(128000000)

  • Simpan file tersebut, jangan lupa untuk menghapus jenis file .txt menjadi .vbs. Ekstensi .vbs berguna mengubah file manjadi aplikasi.

  • Buka aplikasi tesebut, hal ini akan berguna untuk re-organisasi dan pembersihan RAM. Ssst, proses ini tidak memakan banyak waktu lho, dalam hitungan detik saja sudah selesai!
Eitttss,, wait... ada cara satu lagi nih, mebersihkan RAM secara sistem.
Berikut caranya :

  • Lakukan klik kanan mouse di desktop dan pilih “New” kemudian “Shortcut”

  • Pada kolom isian yang muncul, ketik %windir%\system32\rundll32.exe advapi32.dll,ProcessIdleTasks, klik Next.

  • Beri nama sesuai yang anda inginkan, misalnya “RAM Cleaning”. Selesai. Setelahnya, saat komputer anda mulai lemot, anda bisa melakukan double klik pada file yang anda buat tadi (RAM Cleaning.exe)

Nah sekian darai TKJ Cyber COmmuntiy bagaimana merawat RAM dengan baik secara Fisik ataupun secara System, semoga artikel ini bermanfaat bagi anda dan orang banyak tentunya.

No comments:

Post a Comment

TKJ Cyber Community Designed by Templateism.com Copyright © 2014

Theme images by Bim. Powered by Blogger.